149 views

Kodim 0201/BS Medan Launching Aplikasi e-BABINSA

 

Situasi dan kondisi yang semakin dinamis dan komplek di lingkungan masyarakat, tentunya memerlukan perhatian kita semua. Perkembangan tehnologi yang semakin pesat di berbagai aspek kehidupan ini tentunya menimbulkan dampak positif maupun negatif terhadap pola kehidupan sosial masyarakat, sehingga apabila hal ini berjalan begitu saja tanpa adanya perhatian dari kita semua selaku aparat teritorial, maka dikhawatirkan berpotensi mengancam persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Dengan pertimbangan kondisi yang sedemikian rupa, maka kita sebagai aparat teritorial, terutama yang menjabat sebagai Babinsa, harus memiliki kepekaan terhadap perkembangan situasi dan kondisi wilayah tugas.

Menurut Peraturan Kepala Staf TNI AD Nomor 19/IV/2008 tertanggal 8 April 2008, seorang Bintara Pembina Desa berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya, yaitu komandan komando rayon militer. Keberhasilan pelaksanaan tugas Babinsa sangat tergantung dari motivasi dan kemampuan Babinsa serta peran para Danramil dan Dandim dalam membina satuan atau wilayah binaannya.

Adapun Profil Babinsa meliputi :

  1. Kemampuan Pokok.
  2. Memahami dan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab Babinsa, diantaranya:
  3. Melaksanakan pembinaan teritorial.
  4. Mencari dan mengumpulkan data teritorial.
  5. Memberikan informasi bagi pasukan yang bertugas di wilayahnya.
  6. Melaksanakan temu cepat dan lapor cepat. Babinsa dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Danramil.
  7. Memahami dan mampu melaksanakan sikap teritorial yang meliputi :
  8. Senyum teritorial.
  9. Tegur sapa.
  10. Saling menghargai.
  11. Memahami dan mampu melaksanakan lima kemampuan Teritorial :
  12. Temu cepat, lapor cepat.
  13. Manajemen teritorial.
  14. Penguasaan wilayah.
  15. Kemampuan pembinaan perlawanan rakyat.
  16. Komunikasi sosial.
  17. Memahami dan mampu membuat Peta Jarak jaring Teritorial
  18. Pedoman Babinsa.
  19. Pancasila.
  20. Sapta Marga.
  21. Sumpah Prajurit.
  22. Delapan Wajib TNI.
  23. UU RI NO 34 Tahun 2004. (Tentang TNI).
  24. UU RI NO 3 Tahun 2002. (Tentang HANNEG).
  25. Metode Giat Binter
  26. Bin Bakti TNI.
  27. Bin Komsos.
  28. Bintahwil.
  29. Pengetahuan Umum
  30. Terorisme
  31. Deradikalisasi.
  32. Narkoba.
  33. Konflik Komunal.
  34. Melek Hukum
  35. Hukum Ham Humaniter.
  36. Netralitas TNI Dalam Pemilu dan Pilkada.
  37. Hukum Lalu Lintas.
  38. Pidana Umum.
  39. Pidana Militer.
  40. Disiplin Prajurit..
  41. Aturan yang menjadi dasar Babinsa terlibat dalam pengawasan dana Desa adalah UU RI NO 34, Tahun 2004 Tentang TNI, pada pasal tugas OMSP, Sub Pasal N0. 9 yaitu membantu tugas pemerintah daerah.

Saat ini kehadiran Babinsa ditengah-tengah masyarakat semakin dirasakan manfaatnya, hal ini tidak luput dari tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan pimpinan TNI kepada Babinsa dalam membina wilayah binaannya. Untuk lebih meningkatkan peran dan fungsi Babinsa serta memberi kemudahan kepada masyarakat dalam menyampaikan informasi tentang suatu kejadian dengan tetap mengutamakan kerja sama dari 3 pilar pemerintahan yaitu

Babinsa, bhabinkamtibmas dan lurah.

Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah memiliki gagasan membuat aplikasi yang diberi nama e-BABINSA yang berfungsi untuk membantu masyarakat dalam berbagai hal. e-BABINSA dapat digunakan unsur Pimpinan dalam menilai kinerja Babinsa dalam menangani permasalahan di lapangan karena e-BABINSA bersifat online dan dapat di lihat oleh seluruh masyarakat.

Untuk mewujudkan gagasan e-BABINSA ini Pasi Intel Kodim 0201/BS Mayor Kav Prima Wahyudi bekerjasama dengan Telkomsel Medan melakukan terobosan, sehingga terciptalah e-BABINSA yang telah dilaunching pada hari Selasa tanggal 4 September 2018 oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah bertempat di Lanud Soewondo Medan.

Adapun fungsi e-BABINSA sbb :

  1. Semakin dekat Babinsa dengan masyarakat.
  2. Dalam rangka meningkatkan kinerja Babinsa.
  3. Meningkatkan sinergitas TNI-POLRI-Pemerintah Daerah dan komponen lainnya.

e-BABINSA dikemas dalam aplikasi Mobile yang dapat didownload melalui Play Store dan nanti kedepannya bisa didownload di App store dengan cara mendaftarkan terlebih dahulu data diri, berupa nama, kategori user (sebagai maysrakat), alamat tinggal serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Selanjutnya, fitur-fitur yang terdapat dalam e-BABINSA terdiri dari berita dan agenda yang berisi informasi serta aktivitas kegiatan Kodim 0201/BS diantaranya :

Pertama, fitur Pengaduan. Dengan fitur ini masyarakat dapat melaporkan gangguan kamtibmas/hankam, ketahanan pangan (pertanian), pengawasan orang asing, bela negara, karya bhakti/gotong royong, bencana alam dan hal lainnya kepada e-BABINSA untuk segera ditindak lanjuti.

Kedua, fitur Fasilitas Umum. Fitur ini berisi layanan informasi fasilitas umum yang ada di wilayah Kodim 0201/BS, seperti Rumah Sakit, SPBU, Sekolah, Hotel, Bank, tempat wisata dan kantor-kantor pemerintahan lainnya.

Ketiga, fitur Babinsa. Pada fitur Babinsa berisi data personel Babinsa yang bertugas sesuai wilayah binaannya berikut nomer HP yang bisa dihubungi sehingga masyarakat bisa mengetahui dan mengenal Babinsa di wilayahnya masing-masing.

Keempat, fitur Respond. Pengaduan yang telah dilaporkan masyarakat dapat dicek melalui fitur ini, apakah sudah ditindaklanjuti oleh Babinsa terdekat atau belum. Apabila Babinsa belum menanggapi dan menyelesaikan laporan tersebut maka fitur respond akan terus memberikan tanda.

Kelima, fitur Siskamling. Fitur ini menampilkan data Pos Kamling yang ada di kelurahan beserta jadwal siskamling dan jadwal karya bhakti (gotong royong).

Keenam, fitur Call Center. Dalam keadaan darurat, pengguna e-BABINSA dapat melakukan panggilan ke Call Center (Piket Kodim 0201/BS) sehingga laporan (permasalahan) pengguna e-BABINSA dapat segera ditindaklanjuti dan diselesaikan.*

Ketujuh, fitur Galery. Difitur ini pengguna e-BABINSA pada masyarakat dapat melihat foto dan video kegiatan Babinsa bersama masyarakat.

Dalam e-BABINSA ini khusus pengguna Dandim terdapat info eksternal dimana Dandim dapat menyampaikan informasi dan himbauan kepada masyarakat sehingga masyakat pengguna e-BABINSA ini dapat melihatnya dalam bentuk running teks.

Terdapat juga info internal yang bisa di gunakan untuk memberikan informasi kepada Babinsa di Kodim 0201/BS. e-BABINSA ini akan terintegrasi ke semua Koramil jajaran Kodim 0201/BS.

Oleh karena itu, dengan inovasi ini diharapkan dapat berguna untuk masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat lebih memiliki kemauan dan kepedulian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing dengan tetap mengedepankan sinergitas Babinsa, Bhabinkamtibmas dan aparat pemerintah desa/kelurahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *