89 views

Kodim 0201/BS Medan Renovasi Rumah Kakak Beradik Berkebutuhan Khusus

 

Medan Marelan | Dilihat dari dekat, gubuk berukuran 2×2 meter di Gang Melati, Jalan Young Panah Hijau, Kelurahan Labuhan Deli, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan ini begitu sangat memperihatinkan.

Dindingnya hanya berupa papan bekas yang terlihat lapuk karena dimakan usia. Begitu juga atap seng bekas yang menempel di bagian atas. Terlihat bocor di sana-sini.

Kondisi gubuk yang berdiri dengan disangga tonggak-tonggak kayu ringkih, semakin diperparah dengan tidak adanya satu jendela pun untuk sekadar mendapatkan udara segar.

Melihat gubuk ini, bisa dibayangkan seperti apa susahnya manusia yang hidup di dalamnya. Pastilah mereka menjalani hari-hari penuh dengan penderitaan. Ya…kegetiran hidup seperti itulah yang selama ini harus dilalui Ichal bersama tiga saudara kandungnya.

Saat malam ketika hujan deras mengguyur, Ichal bersama tiga saudaranya harus berjuang menahan udara dingin yang menusuk tulang. Bahkan, tak jarang pula mereka harus begadang semalam suntuk. Tak bisa tidur karena tak ada sejengkal tempat pun di dalam gubuk yang tidak terkena tetesan air hujan.

“Mereka keluarga yang sangat miskin dan hidup di dalam rumah tidak layak huni. Parahnya lagi, dari empat bersaudara, hanya satu di antaranya yang tidak mengalami keterbelakangan mental,” ucap Babinsa Koramil 10/Medan Labuhan, Serda Darwanto dalam laporannya yang diterima Komandan Kodim (Dandim) 0201/BS Medan, Letkol Inf Yuda Rismansyah, Selasa (11/9/2018).

Mendapat laporan bawahan seperti ini, Dandim 0201/BS Medan Letkol Inf Yuda Rismansyah langsung terketuk hatinya. Selain keperihatinan mendalam dan rasa sedih atas derita yang dialami Ichal bersaudara, abituren Akademi Militer (Akmil) 1997 ini juga langsung melakukan gerakan taktis dan terukur.

Perintah pun dikeluarkan kepada Kapten Inf Agus Miadi, agar bersama Serda Darwanto melakukan penghitungan material untuk keperluan rehab RTLH yang dihuni Ichal bersaudara.

“Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah telah memerintahkan Kapten Inf Agus Miadi bersama Serda Darwanto untuk membuat rincian biaya keperluan rehab rumah milik Ichal. Selain itu, Dandim juga akan berkoordinasi dengan Wali Kota Medan untuk langkah selanjutnya,” tambah Pasi Intel Kodim 0201/BS, Mayor Kav Prima Wahyudi.

Dari penjelasan Serda Darwanto diketahui bahwa Ichal bersaudara adalah anak yatim piatu. Kedua orang tua mereka sudah lama berpulang ke pangkuan Illahi Robbi. Dan sejak lama pula, kehidupan Ichal bersama saudara-saudaranya praktis hanya bersandar dari hasil kerja serabutan kakaknya, dan belas kasihan para tetangga terdekat.

Dari empat bersaudara, hanya kakak Ichal seorang saja yang tidak terganggu kejiwaannya dan sempat mengecap bangku sekolahan, sehingga si kakak inilah yang selama ini menjadi tulang punggung keluarga.

Namun, dua minggu terakhir, sang kakak hebat ini kembali dipanggil Allah SWT. Dia menyusul kedua orang tuanya yang telah lama meninggalkan dunia. Alhasil, Ichal kini hanya hidup bersama dua saudaranya.

“Mereka bertiga jelas tidak bisa apa-apa. Jangankan untuk mencari sesuap nasi, berpikir saja pun mereka sangat susah, karena satu keluarga memiliki keterbelakangan mental. Dan mereka bisa terus melanjutkan hidup hanya karena belas kasihan para tetangga yang kondisi ekonominya tidak lebih baik dari keluarga Ichal,” ungkap Serda Darwanto.

Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah menyampaikan “Kodim 0201/BS akan bekerja sama dengan Pemko Medan untuk sesegera mungkin membantu kesulitan keluarga tersebut dan juga apabila ada uluran tangan dari pihak lain, Kodim 0201/BS sangat berterima kasih dan semoga bisa membantu kesulitan keluarga Ichal”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *