86 views

Dandim 0201/BS Tenangkan Massa Mahasiswa Terlibat Bentrok

Medan | Ketenangan aksi demonstrasi dua kubu mahasiswa di Gedung DPRD Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol, Medan, Kamis (20/9/2018) siang, berubah menjadi liar. Saling lempar batu tak terelakkan, sehingga mengakibatkan beberapa mahasiswa terluka.

Situasi yang semakin tak terkendali menyebabkan massa demonstran lari cerai berai menyelamatkan diri masing-masing. Sebagian lari ke arah Markas Kodim 0201/BS Medan yang hanya berjarak sekitar 100-an meter.

Sudah jelas, massa mahasiswa ingin meminta perlindungan kepada prajurit TNI AD yang bermarkas di Kodim 0201/BS Medan. Kebetulan, Komandan Kodim (Dandim) 0201/BS, Letkol Inf Yuda Rismansyah, sedang berada di tempat.

Tanpa menunggu lama, langsung saja abituren Akademi Militer (Akmil) 1997 ini tampil ke tengah-tengah massa yang semakin banyak bergerombol di depan Markas Kodim 0201/BS.

Dengan pengeras suara, Dandim 0201/BS meminta massa mahasiswa untuk menenangkan diri, dan menahan emosi. “Tenangkan diri kalian. Tahan emosi, dan jangan berbuat anarkis,” ucap Letkol Inf Yuda Rismansyah yang didampingi Pasi Inteldim 0201/BS, Mayor Kav Prima Wahyudi, dan beberapa personel Kepolisian.

Imbauan yang terus menerus disampaikan Dandim 0201/BS Medan, akhirnya membuahkan hasil gemilang. Massa mahasiswa yang tadinya terlihat begitu bergejolak dan terpancing emosinya, kini berangsur-angsur tenang.

“Saya minta kalian semua menenangkan diri, dan setelah itu langsung pulang ke rumah masing-masing. Jangan lagi berkeliaran di jalanan,” tegas Dandim 0201/BS lagi.

Tak berselang lama, kerumunan massa mahasiswa yang tadinya bergerombol di depan Markas Kodim 0201/BS Medan, sedikit demi sedikit mulai membubarkan diri.

Terlihat dengan jelas di wajah para mahasiswa itu rasa senang dan terima kasih kepada Dandim 0201/BS beserta personelnya, sesaat meninggalkan lokasi untuk menuju ke rumah masing-masing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *