154 views

Bangun Rasa Cinta Terhadap NKRI, Cara Koramil 03/MD Tangkal Paham Radikal

Medan | Menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia pada setiap diri perorangan atau kelompok, merupakan salah satu cara efektif untuk menangkal tumbuhnya paham radikalisme di tengah-tengah masyarakat.

Demikian kesimpulan acara sosialisasi pencegahan paham radikalisme yang digelar Koramil 03/Medan Denai, Kodim 0201/BS Medan di Markas Koramil Jln Bromo, Medan Denai, Rabu (20/11/2018).

Acara turut dihadiri pengurus Granat Medan Tembung Hadi Sofyan Nasution, SH, Kepala Lingkungan se-Kecamatan Medan Tembung dan Medan Denai, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan beberapa Ormas seperti FKPPI, Laskar Merah Putih, PPM, dan lainnya.

Sosialisasi diawali dengan salam perkenalan dari Danrami 03/MD Kapten Czi T Erwin Julianto Tobing. Dalam sambutannya, Danramil memberikan pemahaman tentang radikalisme dan paparan jenis-jenis radikal yang ada di Indonesia.

Lulusan Secapa tahun 2006 ini mengharapkan peran serta kepala lingkungan untuk bekerja sama dengan para Babinsa di wilayah kerja masing-masing. “Bila ada warga baru agar didata, karena itu adalah salah satu cara yang epektif dalam mendeteksi radikalisme sejak dini. Kegiatan ini akan kita lakukan berkelanjutan setiap minggunya dengan agenda menghadirkan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda, beserta elemen lainnya,” urai Kapten Tobing.

Hal senada diutarakan Ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang Granat Medan Tembung, Hadi Sofyan Nasution, SH.

“Narkoba dan radikalisme adalah dua hal yang berkaitan, generasi muda harus memiliki benteng diri yang kokoh hingga mampu menangkal bekerjanya paham ideologi liberalisme dan salah satu modusnya adalah dengan narkoba dan paham radikalisme agama, melalui aksi penggalangan dan cuci otak generasi muda untuk ikut kelompok radikal,” ungkap Hadi.

Acara diakiri dengan sesi foto bersama antara Danramil dengan para peserta sosialisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *