76 views

Peta Jaring Teritorial,Danramil 06/MS : Wujud Pembinaan Mitra Karib Komando Kewilayahan

Untuk meningkatkan sinergitas seluruh komponen masyarakat guna memperkokoh integritas bangsa dan sebagai wujud pembinanan mitra karib komando kewilayahan, Koramil 06/MS Kodim 0201/BS, melaksanakan sosialisasi Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial, Rabu (16/10/2019).

Kegiatan merangkul mitra karib sekaligus antisipasi aparat kewilayahan dalam diteksi dan cegah dini untuk menghadapi berbagai kerawanan yang terjadi diwilayahnya ini dibuka Danramil 06/MS Kapten Inf Hari Susilo dan dihadiri sejumlah warga,tokoh masyarakat dan Kepling di Makoramil 06/MS.

Dalam arahannya Danramil 06/MS menyampaikan bahwa penyelenggaraan pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial sebagai wujud pembinaan mitra karib dalam rangka mencapai keberhasilan tugas pokok, TNI AD melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial yang merupakan fungsi sebagai perpanjangan tangan aparat Kowil di wilayahnya.

“Guna mendukung dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Maka setiap prajurit Satkowil harus Memiliki kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi, mengayomi, berwawasan pengetahuan luas, serta senantiasa menjadi panutan dan suri tauladan, ‘ujar Danramil.

Pada kesempatan ini, Danramil 06/MS mengajak komponen masyarakat, Kepling dan Muspika untuk meningkatkan keamanan wilayah lingkungam karena akhir-akhir ini aksi kejahatan begal sudah sangat meresahkan dan banyak korbannya yang melapor ke pihak kepolisian.

Apabila ada sekumpulan anak-anak remaja dengan mengendarai sepeda motor segera hubungi Babinsa atau Bhabinkamtibmas dan warga untuk menghalau atau kita suruh bubar demi keamanan lingkungan kita.

“Marilah kita tingkatkan keamanan demi memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi warga masyarakat, ‘pesan Danramil.

Selain itu,Danramil 06/MS juga mengajak seluruh komponen masyarakat yang hadir untuk turut memerangi Narkoba, karena saat ini peredarannya sudah sangat meresahkan sekali dan masa depan generasi bangsa sudah banyak yang hancur karena Narkoba.

“Masyarakat harus berperan aktif untuk memeranginya,tanpa kerjasama masyarakat mustahil aparat bisa memberantaa narkoba, untuk itu kepada masyarakat dan para Kepling untuk menangkal peredaran narkoba di sekitar wilayah kita,apabila di sekitar kita ada peredaran narkoba segera laporkan kepada Polsek setempat dan di tembusin Babinsa serta Bhabinkamtibmas, ‘himbau Danramil.

Terkait masalah keamanan dan kejadian apapun, Danramil 06/MS menyampaikan kepada masyarakat agar jalin kerjasama dengan Babinsa dan Bhabinktibmas apabila ada gangguan keamaman, gunakan handphone langsung hubungi aparat setempat.

“Sistem temu cepat lapor cepat kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas apabila ada diwilayah kita kejadian semacam kebakaran,perampokan,pencurian mohon jangan segan untuk melaporkan kepada Babinsa ataupun Bhabinkamtibmas agar kejadian sekecil apapun bisa di amankan oleh aparat kelurahan dan di bantu oleh masyarakat, “pesan Danramil.

Lebih lanjut Danramil mengatakan, Fungsi teritorial merupakan Center of gravity kekuatan pertahanan, sekaligus merupakan fungsi untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kegiatan penyelenggaraan pembinaan teritorial perlu adanya tindakan antisipasi aparat kewilayahan dalam diteksi dan cegah dini untuk menghadapi berbagai kerawanan yang terjadi diwilayahnya.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan temu cepat lapor cepat terhadap permasalahan dan perkembangan di daerah, perlu adanya kesamaan pandangan dan persepsi para babinsa bersama mitra dilapangan sehingga lebih berdaya guna dan terarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *