74 views

Perlunya Menanamkan Pola Hidup Sehat di Tengah Masyarakat

MEDAN |Peran dari seluruh pihak diperlukan untuk menanamkan penerapan pola hidup sehat di tengah masyarakat. Terutama mengenai cara pengelolaan sampah.

Demikian tertuang dalam musyawarah yang diikuti oleh Babinsa Koramil 11/MD, Sertu Rudi Apriyanto, Kamis (24/10) yang digelar di Aula Kantor Lurah Tanjungmulia. Hadir pada musyawarah ini Lurah Tanjungmulia, Edy Syahrizal dan UPT Dinas Kesehatan Puskesmas Medan Deli dr Husni swrta masyarakat perwakilan lingkungan di Tanjungmulia.

Musyawarah ini mendiskusikan tentang langkah-langkah yang perlu diambil untuk menerapkan pola hidup sehat, baik dari diri sendiri maupun lingkungan. Salah satu fokus yang disampaikan dr Husni yakni permasalahan pengelolaan sampah yang dkkhawatirkan dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Sementara Sertu Rudi Apriyanto yang merupakan Babinsa Tanjungmulia, menyarankan adanya kepedulian dari unsur terkait yang hadir di musyawarah itu untuk memberikan masukan kepada masyarakat.

“Dalam hal ini yang belum memahami arti hidup sehat di lingkungan dengan langkah yang diambil, peduli dari orang perorangan, dilanjut ke lingkungan dalam hal ini kepala lingkungan mempunyai peranan penting dan meluas wilayah kelurahan,” tuturnya.

Ditambahkan Rudi, selama ini telah berjalan adanya posko sampah oleh para kepling untuk mencegah dari orang-orqng yang tidak bertanggung jawab membuang sampah tidak pada tempatnya. Juga jadwal rutin gotong royong dengan diikutsertakan para Babinsa dan semua lapisan setiap hari Sabtu.

“Ini merupakan salah satu keterkaitan bakti TNI untuk program satuan teritorial yakni Koramil. Selain itu juga untuk mencegah, adakan pemberitahuan awal kepada warga yang belum mengerti hal ini,” bebernya.

Rudi berharap dengan adanya musyawarah ini, seluruh masyarakat di Kelurahan Tanjungmulia dapat menjalankan program dari dinas kesehatan menjadikan kelurahan yang asri, sehat dan terhindar dari segala penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *