73 views

Dandim 0201/BS Ingatkan Peran Pemuda untuk Menjaga Keutuhan NKRI

MEDAN

Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga meminta pemuda agar memahami tentang esensi nilai kebangsaan. Tak cuma itu, banyak pemuda kurang saling menghormati sehingga menimbulkan kerapuhan terhadap bangsa.

Ini diungkapkan Dandim ketika mewakili Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah pada dialog kebangsaan bertema menggerakkan semangat pemuda dalam mewujudkan Indonesia Maju di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU di Jalan Dr. Mansyur Medan, Rabu (30/10). Kegiatan ini dihadiri sekitar 100 orang mahasiswa USU.

Dandim 0201/BS menuturkan, esensi nilai kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. “Maka diharapkan pemuda-pemudi Indonesia tetap bersatu menjaga keutuhan NKRI,” bilangnya.

Dandim melanjutkan di zaman moderen ini, banyak pemuda-pemudi kurang saling menghormati dan menghargai, sehingga kerapuhan terhadap bangsa telah terlihat saat ini. “Mari kita menjaga kerukunan dan saling menghormati. Mari kita saling bersilahturahmi. Kita sebagai TNI akan berupaya dan menjaga NKRI sesuai dengan aturan UUD 45,” kata Dandim.

Ditambahkan Dandim, meski begitu, bukan TNI saja yang berperan dalam menjaga NKRI, tetapi semua komponen yang ada, terutama pemuda-pemudi Indonesia.

Sementara Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto menyampaikan GMNI merupakan rekan kerja kepolisian untuk menciptkan situasi aman dan kondusif di Medan sekitarnya. “Kita berharap menjaga keutuhan NKRI. Karena sudah ada unsur yang ingin memecah belah kita sebagai negara Pancasila. Pancasila merupakan Ideologi yang sudah final dan tidak bisa diubah. Mari kita menjaga bersama ideologi Pancasila agar tetap dipegang teguh nasionalis NKRI,” katanya.

Ketua DPC GMNI Samuel menyampaikan berharap dialog ini dapat bermanfaat dan menjadi arahan yang baik buat mahasiswa.

Di kesempatan itu, anggota DPRD SU, Tuahman Purba mengingatkan tentang dampak positif dan negatif dari media sosial (medsos). Dampak positif di media sosial yaitu memudahkan bergerak di bidang usaha, tetapi dampak negatif yaitu sering terjadi menyebarkan hoaks.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU Prof. DR. Ramli Msc, Pasi Inteldim 0201/BS, Mayor Czi Andre PW, Kasat Intelkam Polrestabes Medan, Pasiterdim 0201/BS dan Sekjend GMNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *