75 views

Masalah Wasbang Dianggap Mulai Luntur di Kalangan Anak Muda

MEDAN

Masalah wawasan kebangsaan (wasbang) dianggap sudah mulai luntur di kalangan anak-anak muda. Karena itulah, untuk menambah kesadaran berbangsa dan bernegara, Babinsa Kel Mabar Hilir, Koramil 11/MD, Sertu Darmansyah, memberi materi wasbang, Kamis (31/10).

Pemberian materi wasbang dilakukan kepada siswa kelas IX di SMP Pelita di Jalan Pancing 1, Lingkungan X, Kel Mabar hilir. Para siswa terlihat antusias menerima materi wasbang ini.

“Materi yang diberikan meliputi pengetahuan kebangsaan, melalui pengetahuan sejarah bangsa dan pahlawan, menyanyikan lagu wajib, kedisiplinan, serta pengetahuan ideologi negara dan 4 pilar kebangsaan,” kata Sertu Darmansyah.

Ia melanjutkan materi ini sangat penting, mengingat sekarang masalah wasbang sudah mulai luntur di kalangan anak-anak muda. Oleh karena itu, hal tersebut perlu diajarkan sejak dini

“Melalui kegiatan ini tentunya sangat membantu sekolah terutama untuk membentuk pribadi-pribadi siswa yang tangguh dalam menghadapi setiap tantangan dan perubahan zaman,” tuturnya.

Pelatihan disiplin bagi para siswa anggota pramuka, katanya, tentu akan sangat mendukung. Sebab dengan demikian mental dan fisik mereka mulai dibenahi dan ditata sedini mungkin agar sasaran pembangunan manusia sektor pembinaan mental akan segera terwujud.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Swasta Pelita, Mariana S.pd mengungkapkan, materi yang diberikan Babinsa ini sangat positif guna memotivasi anak-anak kelompok pramuka. Diharapkan timbul kesadaran dalam berdisiplin, berbangsa dan bernegara.

“Kita berkeinginan ini sebagai bentuk contoh positif bagi siswa siswi yang lainya di SMP Pelita ini. Kita harapkan melalui pembekalan wawasan kebangsaan, ideologi dan peraturan baris berbaris, dalam diri para siswa akan semakin tumbuh rasa cinta tanah air dan memiliki jiwa patriotisme yang tinggi serta memiliki kedisiplinan,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *