78 views

Kerja Tanpa Dokumen Lengkap, 2 Warga RRT Ditangkap di Pabrik Walet

PERCUT

Dua orang warga Republik Rakyat Tiongkok (RRT) diamankan oleh Babinsa Cinta Rakyat, Koramil 13/PST, Sertu Sunarto, Selasa (5/11). Kedua warga RRT itu diamankan karena bekerja tanpa memiliki dokumen lengkap.

Penangkapan itu dilakukan Sertu Sunarto bersama Inteldakim Kelas II Belawan Rio, Kades Cinta Rakyat Suhendro, Kadus X Nurman dan tokoh masyarakat Bundes.

Kedua warga RRT diamankan dari Jalan Turnamen Joyo, Dusun X, Desa Cinta Rakyat, Kec Percut Sei Tuan, tepatnya di pabrik walet yang sedang dibangun. Di pabrik itu, kedua warga asing ini bekerja sebagai teknik mesin lief.

“Penangkapan dilakukan karena tidak memiliki dokumen lengkap sebagai tenaga kerja asing. Sudah pernah disurati seminggu sebelum ini oleh pihak Imigrasi Belawan, namun belum ditanggapi,” kata Sertu Sunarto.

Sambungnya, penangkapan ini dipimpin Kasi Inteldakim kelas II Belawan Rio bersama tim.


Awalnya warga asing ini bertahan di dalam mobil tidak mau keluar. Kemudian Babinsa mengadakan negoisasi langsung dengan pemilik pabrik. Akhirnya kedua warga RRT mau bicara dan keluar dari mobil. Kemudian mereka diserahkan ke pihak imigrasi dan dibawa ke kantor Imigrasi Belawan untuk diambil keterangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *