126 views

Pascatemuan Bangkai Babi, Dandim 0201/BS Tinjau Danau Siombak

MEDAN

Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga meninjau Danau Siombak di Kel Paya Pasir, Kec Medan Labuhan, Senin (11/11). Peninjauan ini menyusul ditemukannya ratusan bangkai babi.

Danau Siombak merupakan muara dari Sungai Badera. Sekitar seminggu lalu ditemukan ratusan bangkai babi yang sengaja dibuang akibat terserang virus hog cholera (kolera babi). Dandim meninjau di dermaga objek wisata.

Dalam peninjauannya, Dandim menyampaikan bahwa perbuatan pembuangan bangkai hewan ke sungai tidak dapat dibenarkan. Karena dapat menyebabkan dampak lingkungan yang merugikan bagi masyarakat sekitar dan menimbulkan wabah penyakit. Ia mengimbau agar unsur Muspika dapat mengurangi dampak yang disebabkan oleh hal tersebut.

Kemudian mantan Kapendam I/BB ini meninjau posko penanganan. Dandim menyampaikan agar dinas terkait melakukan pembersihan bangkai hewan yang masih terdapat di danau untuk mengurangi pencemaran yang dapat merugikan masyarakat sekitar. Ia juga berharap agar dinas terkait dapat memberikan edukasi kepada masyarakat yang memelihara hewan ternak supaya tidak sembarangan membuang hewan yang mati ke Sungai Badera.

“Agar hewan yang mati dilaporkan ke dinas terkait untuk di kubur agar tidak menulari yang lain,” sebutnya.

Setelah peninjauan tersebut, langkah yang dilakukan untuk mengurangi dampak tersebut, Kodim 0201/BS bersama Polrestabes dan Pemko Medan akan melakukan peninjauan perternakan babi yang berada di sekitar aliran Sungai Badera. “Ini agar tidak terjadi lagi pembuangan bangkai hewan yang mati ke aliran Sungai Badera,” sebutnya.

Dalam peninjauan tersebut, Dandim didampingi oleh Lurah Paya Pasir, Kapolsek Medan Labuhan, Danramil 10/ML, Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan, Camat Medan Labuhan, BPBD Medan, Dinas Pertanian dan Perikanan, Dinas Peternakan Medan, Kementerian Lingkungan Hidup dan masyarakat sekitar Danau Siombak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *