77 views

Dipertemuan Rutin Kader PKK dan Kepling, Babinsa Sosialisasi Soal UU KDRT

MEDAN

Babinsa Koramil 11/MD Sertu Darmansyah menadi pemateri pada kegiatan pertemuan rutin Kader PKK dan para kepling yang diselengarakan di Aula Kantor Kelurahan Mabar Gilir, Rabu (11/12).

Materi yang disuguhkan kali ini yakni terkait Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang diikuti sekitar 30 kader PKK dan para kepala lingkungan se-Kelurahan Mabar Hilir.

Permasalah KDRT tentu bukan perkara dan materi yang mudah disampaikan kepada para ibu-ibu Kader PKK dan kepling. Perlu adanya penjelasan lebih rasional dalam pemberian materi ceramah.

“Tingginya angka kekerasan dalam rumah tangga tentu disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah buruknya komunikasi antara suami dengan istri, kondisi ekonomi dan juga kondisi lingkungan kita tinggal,” terang Sertu Darmansyah.

Karena itulah Sertu Darmansyah menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar para kader serta kepling nantinya dapat menyosialisasikan UU KDRT kepada masyarakat. Sehingga nantinya masyarakat dapat mengantisipasi dan mengetahui jalan menyelamatkan diri dari atau membantu sesamanya, jika terjadi kejadian kekerasan di lingkungannya.

Sambungnya, tujuan sosialisasi ini adalah untuk menyebarluaskan materi UU No. 23/ 2002 tentang Perlindungan Anak dan UU No. 23/2004 tentang Penghapusan KDRT kepada seluruh jajaran dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, sampai ke tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Dengan demikian para peserta dapat memahami penghapusan KDRT, perlindungan anak, perdagangan perempuan dan anak,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *