100 views

Natal Oikumene Tanjungmorawa , Jangan Mudah Terpancing Kabar Hoaks

TANJUNGMORAWA

Personel Koramil 16 TM yakni Peltu NR Butarbutar, Pelda B. Gultom, Serma HD Pardede, Serda R. Aritonang, menghadiri Natal Oikumene Kec Tanjung Morawa, Kamis (19/12).

Natal Oikumene digelar di Gedung Kito Hall Convention, Jalan Dahlan Tanjung, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang.
Adapun Tema: “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang.” (Yoh 15:14-16). Sub Tema: Dengan Semangat Natal BKAG Kecamatan Tanjungmorawa, mari kita rajut persaudaraan di dalam kasih untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan di dalam kebhinekaan menuju kehidupan yang damai dan religius.

Kegiatan pagi pada Natal Oikumene yakni kebaktian singkat dipimpin oleh Pdt Pantun Lumban Toruan. Kontingen Koor sebanyak 19 grup terdiri dari ibu-ibu 6 kontingen, anak-anak 3 kontingen, bapak-bapak 2 kontingen, remaja 2 kontingen, pemuda 2 kontingen dan vocal grup 4 kontingen.

Usai LPSG, peserta pawai (berjalan kaki) dari Gereja HKBP Peston menuju Gedung Kito Hall Convention. Peserta pawai diiringi drum band dari Yayasan Pendidikan GMI Methodist Tanjungmorawa.

Acara umum pada kegiatan ini adalah menyanyikan Lagu Indonesia Raya oleh Berliana Sianturi. Ketua Panitia Natal, Pdt Lucky Vandy Ulag STh dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Muspika Tanjungmorawa, seluruh pendeta, para sintua, undangan dan para donatur serta khususnya kepada seluruh panitia yang memberikan perhatiannya demi suksesnya natal oikumene tersebut.

“Kegiatan ini mendapat apresiasi dari seluruh umat Kristiani Tanjungmorawa dan berharap kegiatan seperti ini harus terus kita tingkatkan ke tahun-tahun berikutnya,” sebutnya.

Ia mengajak seluruh umat Kristiani agar jangan terpengaruh dan terpancing dengan ada berita hoaks yang dapat memecahkan persatuan bangsa. “Selaku umat kristiani, kita harus menjadi contoh perekat dan pengikat persatuan dan kesatuan bangsa, sesuai dengan tema Natal,” sebutnya.

Lucky juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran BAKG atas dukungan guna menyemarakkan acara oikumene di Tanjungmorawa. “Kepada seluruh unsur Muspika Tanjungmorawa dan seluruh umat kristiani di Tanjungmorawa, serta undangan, jika ada kekurangan dan kesilapan panitia, mohon dimaklumi. Terima kasih juga kepada Gereja Methodist yang memfasilitasi kegiatan Natal ini,” begernya.

Sementara itu Camat Tanjung Morawa dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh umat Kristiani Kecamatan Tanjungmorawa, para rohaniawan yang merayakan Natal. “Bupati Deliserdang titip salam kepada seluruh masyarakat kristiani Tanjungmorawa. Kami Muspika Tanjungmorawa ada, karena masyarakat ada,” ujarnya.

Kepada peserta koor, ia berharap agar tetap belajar demi mengejar prestasi dan diusahakan tetap menjadi juara I. Diharapkan kepada seluruh masyarakat supaya tetap mendukung seluruh program Bupati Deliserdang. Kepada seluruh masyarakat/anak-anak agar selalu dapat menjaga ketertiban dan keamanan Kecamatan Tanjungmorawa.

“Mari kita seluruh orang tua supaya tetap memonitor tingkah laku seluruh anak-anak kita. Selamat Natal dan Tahun Baru bagi kita semua,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolsek Tanjungmorawa AKP Ilham Harahap SH MH, dalam sambutannya mengatakan perayaan Natal dan tahun baru makin kondusif. Menurutnya keberhasilan polisi bukan karena sering menangkap orang, tapi karena tidak ada masyarakat yang melakukan pengaduan. Ditambahkannya Polres Deliserdang telah berubah menjadi Polresta Deliserdang.

“Kapolresta Deliserdang telah menitipkan salam kepada seluruh masyarakat Nasrani Kecamatan Tanjungmorawa. Kedepannya, sebelum kegiatan ibadah gereja dimulai, aparat kepolisian akan memeriksa seluruh isi tas umat demi kenyamanan kita bersama,” ungkapnya.

Kapolsek mengajak umat harus dapat saling menjaga ketertiban, keamanan di lingkungan.

Sedangkan mewakili tokoh masyarakat, Dr Wali mengungkapkan untuk menjadi sahabat kepada orang lain berawal dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat. “Mari kita dukung program pemerintah, program Muspika Tanjungmorawa,” sebutnya.

Sambutan tak jauh berbeda juga diungkapkan Ketua BKAG Tanjungmorawa, Manunggul Siregar. “Terima kasih kepada Muspika Tanjungmorawa yang selalu aktif menjaga Tanjungmorawa. Kepada kepada pemilik tempat Natal yaitu Dr Wali (Methodist Tanjungmorawa) diucapkan terima kasih, berkat Tuhan melimpah kepada kita semua,” tuturnya.

Diusulkan agar dana kegiatan Oikumene kedepannya dapat dimusrenbangkan demi membantu terlaksananya perayaan keagamaan.

Hadir pada kegiatan ini Camat Tanjungmorawa Edi Yusuf SIP MSI, Kapolsek Tanjungmorawa AKP Ilham Harahap SH MH, Ketua Seksi Dana Natal Oikumene sekaligus Kabid Ketahanan Ekonomi Kesbangpol DS, Drs Nelson Pakpahan MAP, mewakili Danramil 16/TM Peltu NR Butarbutar dan Kanit Intelkam Polsek Tanjungmorawa Ipda Surata.

Kemudian Pdt Abdul Hutauruk MTh, Pdt Pantun Lumban Toruan, Kepala Desa Perdamaian Toni Sitorus, Ketua BKAG Tanjungmorawa Manunggul Siregar bersama anggotanya, penyuluhan agama Kristen, Merdina Situmorang, STh, para pendeta, sintu dan umat Kristiani yang hadir sekira 750 orang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *