78 views

Seluruh Instansi Harus Bekerja Sama untuk Awasi Orang Asing di Indonesia

PERCUT SEI TUAN

Pengawasan orang asing yang masuk ke Indonesia harus dilakukan bersama-sama sesuai fungsi masing-masing.

Ini diutarakan oleh Batituud Koramil 13/PST Pelda Elieser Sitorus seusai menghadiri rapat kordinasi (rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA), Kamis (19/12/2019).

Rakor digelar di RM Dapoer Nusantara Jalan Besar Medan – Lubuk Pakam KM 16,5 Tanjung Morawa, Kab Deli Serdang. Hadir dalam rakor tersebut Bais TNI Jhon A.S, BIN Sumut. BNN Sumut, Kesbangpol Deli Serdang Drs Heady Habeahan, Kejari Deli Serdang Nurliana Angkat, Kodim 0204/DS diwakili Serma S.B Barus, Koramil 05/BK Kodim 0204/DS Pelda R. Ginting, Polresta Deli Serdang Amir Sinaga, Disdukcapil Deli Serdang Alrasudin Kaloko, Satpol PS. Barus, Kanim Imigrasi Belawan dan instansi lainnya di wilayah Kab Deli Sedang.

“Rapat tersebut sebagai perkenalan sesama instansi yang berhubungan terkait permasalahan orang asing,” ucap Batituud.

Pengawasan orang asing yang masuk ke Indonesia, katanya, harus dilakukan bersama-sama sesuai fungsi instansi masing-masing. Karena orang asing yang masuk mempunyai kepentingan masing-masing.

Adanya permasalahan tersebut, katanya, keberadaan orang asing sulit terdeteksi. Karena adanya Perpres yang membebaskan 199 negara bebas visa masuk ke Indonesia dengan harapan menambah devisa dan pemerataan pembangunan nasional.

Namun keadaan tersebut apabila hanya pihak imigrasi yang mengawasi, maka pengawasan orang asing tidak akan maksimal. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *